Senin, 29 Maret 2010

Tips Mengatasi Idle Koneksi Internet

Setelah beberapa waktu yang lalu sempat melampiaskan kekecewaan koneksi internet indosat 3.5 G yang payah, kali ini mau coba sedikit berbagi informasi untuk mengatasi dan mencegah koneksi internet yang kadangkala suka idle / tidak mendapat bandwidth (padahal tetap terkoneksi). Selama ini saya melakukan 2 hal berikut (di OS windows) :

1. Melakukan ping
Ping dilakukan kurang lebih agar koneksi internet terus melakukan download / nyedot sedikit data dari situs yang dituju. Caranya :

a. Jalankan program run di menu windows


b. Ketik cmd, lalu ok


c. Ketik : ping www.google.co.id -t, lalu enter dan koneksi akan melakukan ping ke situs www.google.co.id secara terus menerus


d. Situs www.google.co.id dipilih karena termasuk situs yang paling ringan dan mudah untuk di-akses, sehingga bandwidth yang digunakan pun tidak akan boros (hal yang cukup penting untuk diperhatikan bagi pengguna internet volume based)
e. -t berguna agar ping dilakukan secara terus menerus, kalau tidak pakai -t maka ping hanya dilakukan sekali saja
f. Hasil dari nge-ping ini bisa terlihat di netmeter bahwa koneksi selalu ada aktivitas data, sehingga tidak idle.


g. Untuk memberhentikan ping, bisa tekan tanda X di kanan atas ataupun dengan menekan CTRL+C

2. Menggunakan freeware ISP Nightmare
Tools yang sengaja diciptakan untuk mengatasi koneksi agar tidak idle. Keterangan lebih lengkap dan download-nya bisa dilihat di link berikut : Download ISP Nightmare. Cara penggunaan-nya hanya tinggal klik yang enable.


Jika berhenti menggunakan, tinggal close saja. So far lumayan lah, kedua cara ini cukup ampuh untuk mengatasi idle yang kadang menjengkelkan..
 
Sumber: http://slikers.blogspot.com/

0 comments:

Posting Komentar


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More