Rabu, 05 Mei 2010

TEKNIK GRAFTING TANAMAN


*TEKNIK GRAFTING TANAMAN*

Intro :
Quote:
Menyambung atau Grafting merupakan metode perbanyakan vegetatif buatan. Grafting/penyambungan adalah seni menyambungkan 2 jaringan tanaman hidup sedemikian rupa sehingga keduanya bergabung dan tumbuh serta berkembang sebagai satu tanaman gabungan. Teknik apapun yg memenuhi kriteria ini dpt digolongkan sebagai metode grafting. Budding adlh salah satu bentuk dari grafting, dg ukuran batang atas tereduksi menjadi hanya terdiri atas satu mata tunas . tanaman sebelah atas disebut entris atau batang atas (scion), sedangkan tanaman batang bawah disebut understam atau batang bawah. Batang atas berupa potongan pucuk tanaman yg terdiri atas beberapa tunas dorman yg akan berkembang menjadi tajuk, sedang batang bawah akan berkembang menjadi sistem perakaran. Perbanyakan tanaman dengan cara grafting merupakan teknik perbanyakan yang mahal karena memerlukan bnyk tenaga terlatih dan waktu. Teknik ini dipilih dg pertimbangan utk memperbanyak tanaman yg sukar/tidak dapat diperbanyak dengan cara stek, perundukan, pemisahan, atau dg cangkok. Grafting plg sering digunakan pd pohon ataupun tanaman bunga.

Pada teknik perbanyakan secara Grafting perlu disediakan bagian tanaman sebagai calon batang atas dan bagian tanaman sebagai calon batang bawah (dari tanaman sejenis). Umumnya calon batang atas adlh tanaman yg produksinya diutamakan sedangkan batang bawah adalah batang yg memiliki ketahanan terhadap faktor lingkungan seperti kekeringan dan lain sebagainya. Untuk penyambungan, calon batang bawah dipotong berbentuk huruf v sedangkan batang atasnya dipotong menyerong kiri-kanan agr dapat diselipkan secara tepat pd batang bawah. Setelah diselipkan secara tepat, sambungan ini lalu di ikat membentuk satu tanaman utuh.Tanaman sambungan dibiarkan hingga tmbuh menyatu & siap utk ditanam.
Spoiler for in:
3 Warna Bunga Bougenville dlm 1 tanaman

Keuntungan Grafting
Quote:
Manfaat penyambungan yg biasa dilakukan adlh utk memperbaiki kualitas dan kuantitas hasil tanaman, dihasilkan gabungan tanaman baru yg mempunyai keunggulan dari segi perakaran dan produksinya, juga dpt mempercepat waktu berbunga dan berbuah (tanaman berumur genjah) srta menghasilkan tanaman yg sifat berbuahnya sama dengan induknya. Selain itu penyambungan jg dilakukan karena dapat mengatur proporsi tanaman agar memberikan hasil yg lbh baik, tindakan ini dilakukan khususnya pd tanaman yg berumah dua, misalnya tanaman melinjo. Serta manfaat lain yaitu krna peremajaan tnpa menebang pohon tua, sehingga tdk memerlukan bibit baru & menghemat biaya eksploitasi. Peremajaan total berlaku sebaliknya.

Manfaat Lain :
1. Tanaman bs menjadi Kerdil. Untuk perkebunan buah, misal apel. Tanaman yang kerdil akn lebih mudah diambil buahnya.

2.Pembibitan Hybrid: Untuk mempercepat jatuh tempo hibrida di pohon buah program penangkaran. Hybrid bibit dpt berlangsung sepuluh tahun atau lbh utk bunga dan buah pada akar mereka sendiri. Grafting dpt mengurangi waktu utk berbunga & mempersingkat program penangkaran.

3. Kekokohan: Utk memberikan batang, kuat tinggi untuk semak dan pohon hias tertentu. Dlm kasus ini, graft dibuat pd ketinggian yg diinginkan pada tanaman induk dengan batang yang kuat. Contoh : digunakan untuk menaikkan 'standar' mawar, yang mawar pada batang yang tinggi, dan juga digunakan utk beberapa pohon hias, seperti ceri menangis tertentu.

4. Perbaikan: Untuk memperbaiki kerusakan pd batang pohon yang akan melarang aliran gizi, seperti pengupasan kulit oleh tikus yang benar-benar girdle bagasi. Dalam hal ini graft dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan menerima aliran dari akar ke jaringan di atas kerusakan yang telah dipisahkan dari arus.

5. Untuk mengubah kultivar dalam kebun buah-buahan ke kultivar lbh menguntungkan, disebut topworking. Ini mungkin lbh cpt utk meng-graft kultivar baru ke pohon daripada untuk menanam kembali pohon di seluruh kebun kebun.

6. Menjaga konsistensi: Contoh Apel terkenal karena variabilitas genetik mereka, bahkan berbeda di beberapa karakteristik, seperti ukuran, warna, dan aroma, buah-buahan yang terletak di pohon yg sama. Dalam industri pertanian komersial, grafting dikelola utk menentukan sifat buah.
Langkah Penyambungan/Grafting (Teknik V)
Quote:
Ada banyak cara Grafting salah satunya adalah teknik V. Grafting V adlh cara grafting yg paling aman, karena bidang perekatan antara batang atas dan batang bawah cukup besar, dan kedua batang dengan mudah dapat menyatu dan tidak mudah lepas. Tata cara pengerjaannya sbb:

1. Persiapkan semua alat dan bahan untuk grafting

2. Entress atau batang atas, daunnya dibuang, disisakan pangkal tangkai daun sekitar 1 milimeter dari batang.

3. Potong batang bawah secara horisontal, lurus, dan usahakan pemotongan sekali tebas langsung putus.

4. Buatlah sayatan berbentuk huruf V pada batang bawah dimulai dari tempat hasil potongan horisontal.

5. Buat potongan huruf V terbalik untuk entrees atau batang atas, kemudian potong bagian atasnya sehingga entress berukuran panjang 2-3 cm, dan terdapat beberapa ruas.

6. Rekatkan batang atas pada batang bawah mengikuti alur huruf V. Pastikan bahwa kedua potongan huruf V sebidang sehingga ketika direkatkan, tidak ada rongga.

7. Ikat bidang sambungan dengan plastik pengikat, dan ditutup dengan plastik penutup.

8. Kalungkan label yang berisi informasi nama jenis entrees, serta tanggal pelaksanaan penyambungan. Selanjutnya letakkan pada rak yang sesuai, ditempat terbuka, dan lakukan penyiraman pada media tanam 1-2 hari sekali.

9. 2 (dua) minggu setelah penyambungan, buka plastik penutup. Sedangkan plastik pengikat masih dibiarkan menempel. Plastik pengikat dapat dibuka setelah 3-4 bulan. Keberhasilan ditandai dengan munculnya tunas dari ruas batang atas, sekitar 2-3 milimeter saat penyambungan telah 2 minggu. Selanjutnya tanaman yang sehat, akan berbunga setelah 2-3 bulan dari saat penyambungan.
Contoh Bunga Hasil Grafting :

Spoiler for kaktus:

Spoiler for kaktus:

Spoiler for kaktus:

Spoiler for kaktus:

Spoiler for kaktus:

Spoiler for kaktus:

Spoiler for kaktus:

Spoiler for adenium:

Spoiler for adenium:

Spoiler for adenium:

Spoiler for adenium:

Spoiler for adenium:


Spoiler for mawar:

Spoiler for mawar:

Spoiler for mawar:

Spoiler for mawar:

Spoiler for mawar:

Spoiler for lain:

Spoiler for lain:

Spoiler for lain:

Spoiler for lain:

Spoiler for sakura:




kunjungi blog themyfo lainnya di http://blog.umy.ac.id/themyfo yang membahas tentang UNIVERSITAS TERBAIK di Indonesia , khususnya di Yogyakarta ^^
Go Universitas Terbaik

sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4022481

0 comments:

Poskan Komentar


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More