Minggu, 10 Oktober 2010

12 Pulau Terluar (TERDEPAN) Indonesia


Indonesia adalah negara terbesar 1 di kawasan Asia tenggara, memiliki garis pantai terpanjang no2 di dunia, setelah Kanada-AS, Serta memiliki jumlah populasi penduduk terbesar no 4 dunia, setelah China, India, dan AS.

Indonesia juga memiliki lebih dari 17ribu pulau. Melalui konsep wawasan nusantara yang kemudian di adaptasi dalam ketentuan Hukum Laut Internasional UNCLOS 1982, Indonesia sebagai negara Kepulauan berhak atas kedaulatan wilayah negara kepulauan.

Terkait dengan hal tersebut, keberadaan pulau-pulau terluar sangat penting sebagai tapal batas NKRI. Sayangnya saat ini banyak sekali warga Indonesia yang tidak sadar betapa pentingnya keberadaan pulau-pulau nan mungil dan terpencil tersebut.

Berikut saya share sedikit pengetahuan mengenai keberadaan ke 12 pulau terluar tersebut. Semoga kita semua sebagai generasi muda Indonesia akan menjadikan ke-12 pulau tersebut menjadi pulau TERDEPAN bangsa Indonesia..


Spoiler for 12 Titik Pulau Terluar NKRI:

Ke 12 Titik Pulau Terluar tersebut sangat penting kedudukannya sebagai titik penarik kedaulatan NKRI


Spoiler for 1.Pulau Rondo:




Pulau Rondo adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudera Hindia dan berbatasan dengan negara India. Pulau Rondo ini merupakan pulau paling utara dari wilayah RI dan merupakan bagian dari wilayah kota Sabang, provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Pulau ini berada di sebelah barat laut dari pulau Weh dengan koordinat 6° 4′ 30″ LU, 95° 6′ 45″ BT.


Spoiler for 2.Pulau Berhala:




Koordinat: 3°46′38″LU,99°30′3″BT Pulau Berhala adalah sebuah pulau di Sumatra Utara, Indonesia. Pulau ini merupakan pulau terluar Indonesia di Selat Malaka, sekitar 48 mil dari Pelabuhan Belawan. Dari segi administratif, pulau ini adalah bagian dari Kecamatan Tanjungberingin, Kabupaten Serdang Bedagai. Luasnya adalah 2,5 km². Berhala memiliki topografi bergunung dengan hutan lebat dan pantai yang putih bersih.


Spoiler for 3.Pulau Nipah:




Pulau Nipah merupakan salah satu pulau terluar Indonesia. Pulau Nipah sendiri terletak di Provinsi Kepulauan Riau, tepatnya berada di Barat Laut pulau Batam dan menjadi titik perbatasan antara Indonesia dengan Singapura. Posisi koordinat pulau Nipah adalah 01º 93” 13’ LU dan 103º 39” 11’ BT. Pulau Nipah juga terletak di Selat Philips dan Selat Singapura yang merupakan selat internasional yang sangat padat volume pelayarannya. Pulau Nipah berada di tengah alur pelayaran internasional dengan frekuensi pelayaran yang cukup tinggi sekitar 100 kapal/hari yang terdiri dari kapal tangker, kargo, dan kapal tongkang.
Kondisi Pulau Nipah saat ini hampir tenggelam oleh ketinggian air laut (luas pulau nipah sebelum direklamasi adalah 6 Hektar, ketika posisi air surut)\. Sebagian pakar berpendapat bahwa terancamnya keberadaan pulau Nipah adalah akibat abrasi karena pengeksploitasian pasir laut secara besar-besaran yang dilakukan oleh Singapura untuk kepentingan reklamasi. Selain itu, reklamasi juga menyebabkan biota laut disekitar Pulau Nipah rusak parah.


Spoiler for 4.Pulau Sekatung:




Koordinat: 4°47′45″LU,108°1′19″BT Pulau Sekatung adalah pulau terluar dan paling utara dari wilayah Indonesia yang terletak di laut Cina Selatan dan berbatasan dengan negara Vietnam. Pulau Sekatung ini merupakan wilayah dari kabupaten Natuna, provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini berada di sebelah timur-laut dari pulau Laut dengan koordinat 4° 47′ 45″ LU, 108° 1′ 19″ BT.


Spoiler for 5.Pulau Miangas, 6.Pulau Marore, 7.Pulau marampit:




Koordinat: 5°34′2″LU,126°34′54″BT Miangas adalah pulau terluar Indonesia yang terletak dekat perbatasan antara Indonesia dengan Filipina. Pulau ini termasuk ke dalam desa Miangas, kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud, provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Miangas adalah salah satu pulau yang tergabung dalam gugusan Kepulauan Nanusa yang berbatasan langsung dengan Filipina.
Pulau ini merupakan salah satu pulau terluar Indonesia sehingga rawan masalah perbatasan, terorisme serta penyelundupan. Pulau ini memiliki luas sekitar 3,15 km². Jarak Pulau Miangas dengan Kecamatan Nanusa adalah sekitar 145 mil, sedangkan jarak ke Filipina hanya 48 mil. Pulau Miangas memiliki jumlah penduduk sebanyak 678 jiwa (2003) dengan mayoritas adalah Suku Talaud. Perkimpoian dengan warga Filipina tidak bisa dihindarkan lagi dikarenakan kedekatan jarak dengan Filipina. Bahkan beberapa laporan mengatakan mata uang yang digunakan di pulau ini adalah peso.



Pulau Marore Koordinat 4°44′14″LU,125°28′42″BT, terletak di Gugus kepulauan Sulawesi.
Pulau Marore adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Marore ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, provinsi Sulawesi Utara. Pulau ini berada di sebelah utara dari Pulau Sangihe dengan koordinat 4° 44′14″ LU, 125° 28′42″ BT.



Pulau Marampit
terletak di Gugus kepulauan Sulawesi.
Pulau Marampit adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Marampit ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Kepulauan Talaud, provinsi Sulawesi Utara. Pulau ini berada di sebelah timur laut dari pulau Talaud dengan koordinat 4° 46′18″ LU, 127° 8′ 32″ BT.


Spoiler for 8.Pulau Fani, 9.Pulau Fanildo,10.Pulau Bras:




Koordinat: 1°4′28″LU,131°16′49″BT Pulau Fani adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Pasifik dan berbatasan dengan negara Palau. Pulau Fani ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Sorong, provinsi Irian Jaya Barat. Pulau ini berada di sebelah utara dari Kota Sorong dengan koordinat 1° 4′28″ LU, 131° 16′49″ BT.



Koordinat: 0°55′57″LU,134°20′30″BT Pulau Bras adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Pasifik dan berbatasan dengan negara Palau. Pulau Bras ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Biak Numfor, provinsi Papua. Pulau ini berada di sebelah utara dari Kota Manokwari dengan koordinat 0° 55′57″ LU, 134° 20′30″ BT.

Pulau Fanildo adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Pasifik dan berbatasan dengan negara Palau. Pulau Fanildo ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Biak Numfor, provinsi Papua. Pulau ini berada di sebelah utara dari Kota Manokwari dengan koordinat 0° 56′22″ LU, 134° 17′44″ BT.


Spoiler for 11.Pulau Batek, 12.Pulau Dana:


[img]http://i880.photobucket.com/albums/ac6/celibataire_photo/pulau_batek.jpg?t=1268046438[img/]

Pulau Batek Koordinat9°15′30″LS,123°59′30″BT terletak di Gugus kepulauan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Kupang, Garis pantai -km, Luas -km²Populasi -

Pulau Batek adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sawu dan berbatasan dengan negara Timor Leste. Pulau Batek ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Kupang, provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini berada di sebelah timur laut dari kota Kupang dengan koordinat 9° 15′ 30″ LS, 123° 59′ 30″ BT.



Koordinat: 11°0′36″LS,122°52′37″BT Pulau Dana adalah sebuah pulau kecil yang terletak di perairan sebelah selatan Pulau Sumba. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Karera, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.


Sekian yang bisa saya sampaikan gan...
Saya sebagai salah satu generasi muda, saat ini hanya bisa melakukan hal ini gan, share ke kaskuser sekalian mengenai kondisi 12 pulau-pualu terluar tersebut.
Semoga nanti kelak jika salah satu dari kita ada yang sukses, apakah itu menjadi politisi, pebisnis, atau birokrat.. dapat lebih memperhatikan keberadaan pulau-pulau tersebut.. sehingga kelak anak cucu kita masih bisa menyanyikan lagu...
Dari sabang sampai merauke...
Berjajar pulau-pulau...


Disarikan dari kaskus.us

2 comments:

Orang-Orang harus pada tau hal ini gan .....
Terutama semua generasi muda
Kita harus mengenal dan menjaga Nusantara
Sampai akhir hayat.
Jangan sampai terulang kejadian sipadan dan ligitan.

Poskan Komentar


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More