Rabu, 22 September 2010

5 Langkah Memulai Blog

Blog adalah tentang identitas Anda di dunia maya. Kuncinya, semakin unik blog Anda, maka akan semakin banyak orang yang tertarik dengan blog Anda tersebut. Jika blog yang Anda bangun tak ada bedanya dengan blog lain yang sudah-sudah, maka jangan harap Anda akan membuat sebuah blog sebagus yang Anda impikan.
Memulai sebuah blog sendiri bukan merupakan pekerjaan yang mudah, meskipun tak terlalu sulit pula. Asalkan mengerti tipsnya, Anda pasti bisa membangun blog sesuai dengan harapan Anda. Adapun langkah untuk membangun sebuah blog yang lebih baik dan berbeda dengan blog kebanyakan adalah:
1. Pilih tema yang bagus
Hal terpenting yang harus Anda lakukan sebelum mulai ngeblog adalah, tentukan apa tema untuk blog Anda. Anda bisa memilih topik yang berhubungan dengan hobi, pekerjaan, atau komunitas yang Anda ikuti. Usahakan jangan memilih tema yang terlalu spesifik. Tema yang terlalu spesifik hanya akan membuat Anda kesulitan untuk dapat terus blogging secara rutin karena kehabisan ide. Pilih tema yang sedikit general. Kuncinya, Anda harus bisa terus ngeblog dengan tema yang Anda pilih minimal selama setahun atau lebih. Maka dari itu, manfaatkan waktu Anda sebaik mungkin untuk memilih tema terbaik bagi blog baru Anda.
2. Pilih domain yang menarik dan mudah diingat
Setelah menentukan tema, langkah selanjutnya adalah memilih domain. Anda bisa menggunakan Top Level Domain (.com, .org, .net), atau domain gratisan seperti blogspot, wordpress, today.com, dan lain sebagainya. Tak ada jaminan bahwa blog dengan TLD akan lebih sukses dibandingkan blog dengan domain gratisan. Semuanya tergantung kerja keras Anda dalam membangun blog Anda tersebut. Pastikan domain yang Anda pilih menarik, mudah diingat, dan sesuai dengan topik blog Anda. Sebagai contoh, jika topik blog Anda adalah seputar golf, maka pilihlah domain seperti golfcorner.com, golfmagz.blogspot.com, atau golftips.today.com. Hal ini akan mempermudah search engine dalam mengindeks dan menemukan blog Anda di antara belantara web-web yang ada di jagad maya.
3. Pilih layout yang baik
Sama halnya dengan domain, layout adalah bagian penting dari identitas blog Anda. Usahakan untuk memilih layout yang unik dan paling mendekati dengan image blog Anda. Jika Anda mengerti sedikit tentang HTML dan CSS, cobalah mengubah desain blog Anda dari layout aslinya. Hal ini akan membuat blog Anda tampak semakin personal dan unik.
4. Buat content pillar
Membuat content pillar, atau artikel terbaik, akan memukau pengunjung blog Anda. Selanjutnya, ini akan membangun readership yang baik. Buatlah sebanyak yang Anda bisa lakukan, agar isi blog Anda menjadi semakin berbobot. Anda juga bisa mensubmit content pillar Anda ke berbagai direktori artikel semacam EzineArticles. Hal ini akan membantu meningkatkan traffic blog Anda.
5. Bersosialisasi dengan blogger lain
Anda sudah memilih tema, domain, layout, dan content yang baik untuk blog Anda. Maka sekarang adalah waktunya Anda untuk bersosialisasi dengan blogger lain. Lakukan langkah-langkah ini: masukkan link blog mereka ke dalam blogroll Anda, berikan komentar pada setiap postingan yang mereka buat, dan terus berkomunikasi dengan mereka. Dengan melakukan ini, Anda dapat membangun persahabatan dengan sesama blogger, sekaligus meningkatkan popularitas blog Anda.

0 comments:

Posting Komentar


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More