Jumat, 24 September 2010

Tips Sederhana : Memilih Template WordPress



Beberapa hari yang lalu ada 2 orang yang sepertinya saya kurang mengenalnya mengirim email pada saya, beliau-beliau tersebut mengirim pesan yang hampir sama isinya yaitu menanyakan bagaimana caranya membuat menu drop down seperti yang ada pada blog ini. Bukan saya tidak mau menuliskan tutorial tersebut, tapi cukup membutuhkan waktu karena akan sedikit panjang, pasti nanti saya akan menulis tutorial mengenai menu drop down juga, tapi bukan itu yang akan saya bahas hari ini.
Sebelum anda memilih template wordpress yang akan anda gunakan, ada baiknya dan tidak ada salahnya anda membaca terlebih dahulu beberapa tips dalam memilih template versi saya.

  • Warna Background
    Pilihlah template dengan warna background body putih dan background content/artikel putih body putih Tips Sederhana : Memilih Template WordPress
    atau anda juga bisa memilih template dengan warna background body gelap (hitam, abu atau coklat muda) dan warna background content/artikel putih.
    body hitam Tips Sederhana : Memilih Template WordPress
  • Ukuran dan Warna Font
    Seiring perkembangan jaman ukuran font 12px sudah jarang digunakan walaupun tidak sedikit template yang masih mengusung/menggunakan font dengan ukuran 12px, menurut saya ukuran tersebut terlalu kecil dan kurang nyaman untuk dibaca. Ukuran font yang saya rekomendasikan antara 14px sampai 16px, saya sendiri menggunakan ukuran font 16px. Untuk membedakan ukuran fontnya silahkan anda lihat perbandingan ini :
    12px : Ini font berukuran 12px
    13px : Ini font berukuran 13px
    14px : Ini font berukuran 14px
    15px : Ini font berukuran 15px
    16px : Ini font berukuran 16px
    Cukup jelaskan perbandingan ukuran font di atas.
    Kemudian untuk warna font, apabila anda menggunakan background content/artikel putih sebaiknya anda gunakan warna font yang agak gelap tapi jangan menggunakan hitam #000000, lebih baik anda gunakan warna agak kehitaman seperti #4c4c4c, #3b3b3b, atau #333333.
  • Drop Down Kategori
    Mengacu pada kedua email yang saya terima tadi, seharusnya anda juga mempertimbangkan tips yang satu ini. Tapi sebenarnya tips ini hanya untuk blogger dengan tipikal sama dengan saya, maksudnya ingin memperlihatkan kategori apa saja yang ada di blog yang dipasang di atas menyerupai menu navigasi agar mudah dilihat pengunjung.
Karena judulnya tips sederhana, untuk itu cukup 3 saja tips memilih template wordpress dari saya :mrgreen: . Nanti saya akan bahas lebih dalam mengenai tips memilih template ini.
Semoga bermanfaat.

1 comments:

blog yang bagus, agar blog anda makin mantap dan berqualitas, kunjungin aja bikin blog gratis

Posting Komentar


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More